Minggu, 10 Mei 2009

DARLING

Global Warming bukan hanya isu yang pantas dibahas pada Hari Bumi atau Hari Lingkungan Hidup. Pun tak melulu harus menjadi bagian dari gerakan besar penyelamatan lingkungan. Kita bisa memulai dengan hal yang sangat sederhana. Yang sangat dekat dengan keseharian kita. Salah satunya di kantor.

Secara tidak sadar banyak kebiasaan kita di kantor yang tidak ramah lingkungan. Anda bisa memperbaikinya dengan mengubah jadi lebih peduli dengan cara-cara berikut ini:


1. Hemat Kertas

Gunakan kertas bolak balik. Tindakan ini bisa menghemat penggunaan kertas 50%. Kumpulkan kertas yang satu sisinya masih kosong. Pakai ulang kertas tersebut untuk mencetak dokumen yang tidak terlalu penting atau yang bersifat konsumsi pribadi.

2. Sistem Online

Penggunaan kertas bisa diminimalkan dengan penggunaan sistem online. Misal, laporan kerja tidak harus dicetak di kertas baru diserahkan kepada atasan. Bisa saja laporan anda kirim lewat e-mail.

3. Daur Ulang Tinta

Coba untuk mendaur ulang cartridge tinta printer. Hampir semua toko alat tulis kantor menerima cartidge tinta bekas.

4. Tongkrongi Printer

Untuk mencegah kertas print Anda hilang sehingga mesti mem-print ulang, segera ambil hasil printer Anda.

5. Minum Sampai Tandas

Usahakan untuk menghabiskan air minum di gelas atau botol. Hindari membuang air minum yang tersisa di gelas atau botol. Gunakan untuk menyiram tanaman di meja.

6. Cangkir Tahan Panas

Bawa sendiri cangkir atau gelas tahan panas Anda ke mana saja, sehingga ketika pulang kerja Anda nongkrong di kedai kopi, Anda bisa menggunakan gelas tersebut dan tidak menggunakan gelas kertas yang biasanya tersedia di sana.

7. Bawa Bekal

Bawa makan siang Anda dalam wadah yang bisa digunakan kembali. Bawa kotak makan Anda ke tempat jajan, ke tukang bakso, gado-gado dan rujak. Sehingga Anda tidak perlu menggunakan wadah yang terbuat dari kertas, plastik dan styrofoam yang tidak bisa diolah secara alami.

8. Hemat Tisu

Aneka jenis tisu diproduksi dari serat kayu dan tidak dapat didaur ulang. Berapa ribu pohon yang ditebang untuk menghasilkan Tisu yang Anda gunakan. Makanya berhematlah pemakaian tisu. Kalau hanya untuk mengelap keringat di wajah, Anda mungkin bisa menggunakan sapu tangan.

9. Tanaman di Meja

Percantik meja kerja Anda dengan vas cantik yang ditanami tanaman kecil. Selain indah, tanaman tersebut juga menyumbang oksigen untuk bumi tercinta.

10. Gunakan Tangga

Kalau ruangan Anda hanya di lantai dua atau tiga, memanfaatkan tangga lebih baik daripada lift. Naik tangga baik untuk kesehatan dan lingkungan. Operasonal lift butuh daya listrik yang besar. Sekaligus menyukseskan program pelangsingan kan?

11. Matikan Komputer

Komputer boros? Hemat pemakaiannya dengan mengaktifkan standby mode yang bisa menonaktifkan komputer secara otomatis. Matikan monitor komputer saat istirahat. Ini sudah mengurangi pemakaian listrik di kantor. Jangan lupa pula mematikannya saat pulang.

Kalau hari ini kita “hanya” kepanasan, bukan mustahil sepuluh atau lima belas tahun ke depan kita akan terpanggang. Maka, mulailah peduli sejak hari ini. Untuk selamanya.

1 komentar:

  1. Setuju gan, ada cara lainnya juga menanam pohon, Sekarang semakin menarik karena ada program revolusioner, "MENANAM POHON SEKALIGUS MENDAPATKAN MANFAAT EKONOMOMI DALAM PENANAMAN DAN KAMPANYENYA"

    Cari Tahu caranya di : http://www.greenwarriorindonesia.com

    BalasHapus